Minggu, 04 September 2011

Universal Obsesional Neourosis

Judul tersebut merupakan salah satu teori terkenal dari pakar Psikoanalis dalam psikologi yakni Sigmund Freud. Sigmund Freud merupakah salah satu tokoh dalam ilmu psikologi. Dia berasal dari Negara Austria dan berketurunan Yahudi. Menurutnya pola kehidupan jiwa manusia memiliki tiga tingkatan kesadaran, yakni tak sadar (unconscious), prasadar (preconscious), dan sadar (conscious). Konsep dari teori Freud yang sangat terkenal mengenai adanya alam bawah sadar yang mengendalikan sebagian besar tingkah dan perilaku manusia. Selain itu, dia juga memberikan asumsi bahwa pada awalnya prilaku manusia didasari pada hasrat seksualitas yang pada awalnya mulai dirasakan oleh manusia semenjak kecil dari ibunya. Menurutnya manusia dewasa yang mengalami penyimpangan seksualitas itu berawal semenjak kecil, dari usia dini manusia mengidap penyakit “Universal Obsesional Neourosis” atau penyimpangan seksualitas.

Penyimpangan pertama manusia alami dari sejak kecil yakni anak kecil seringkali memasukkan benda ke dalam mulutnya menggunakan tangannya, Freud menyebutnya oral sex, silahkan anda melihat anak kecil di sekitar anda yang berumur 5 (lima) tahun setiap kali tangannya memegang sesuatu (benda) pasti akan segera di arahkan ke mulutnya. Tindakan ini menurut Freud merupakan dorongan dari alam bawah sadar manusia (unconscious), sampai dewasa pun terkadang kita tidak menyadari bahwa sering kali kita memasukkan benda apa pun yang kita pegang ke dalam mulut, misalkan saja pulpen, pensil atau rokok. Tindakan tersebut tanpa kita sadari dikarenakan tindakan tersebut merupakan dorongan dari alam bawah sadar kita.

Selain itu ada juga penyimpangan yang manusia sering alami yakni, anal sex, dan biginal atau genital, anak kecil sangat tidak senang menggunakan pakaian kadang dia lebih nyaman tidak mengenakan baju atau celana, hingga dewasa pun manusia sangat senang memperlihatkan tubuhnya, misalnya perempuan senang memperlihatkan keindahan tubuhnya sehingga jika berpakaian hamper semua lekukan tubuh dapat terlihat, begitu pun laki-laki cenderung lebih senang memperlihatkan tubuh kekarnya (Six Pack) menurut Freud ini meupakan penyimpangan yang manusia alami (amal sex). Dan yang terakhir adalah biginal atau genital yakni penyimpangan yang manusia alami dari kecil misalnya anak kecil sangat sengan mengoleksi mainannya walaupun mainan tersebut sudah tidak berguna lagi dan perilaku ini terjadi hingga dewasa bahkan lansia. Ketika telah berumur kadang kita sangat senang mengoleksi barang-barang dan enggan untuk membuangnya. Seperti itulah pandangan Sigmund Freud terhadap manusia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar